KISAH UMMAHATUL MUKMININ(ISTERI BAGINDA ROSULULLAH.SAW)



Sebagaimana telah diketahui bahwasanya Nabi dibedakan dari umatnya dengan di halalkan baginya untuk menikahi lebih dari empat istri dengan berbagai tujuan.Jumlah wanita yang telah dinikahi beliau ada tiga belas orang,sembilan diantaranya ditinggal mati oleh Rasulullah,dua yang lainnya meninggal dunia sewaktu Rasulullah masih hidup,yaitu Khadijah dan Zainab binti Khuzaimah,yang lebih dikenal dengan panggilan Ummul Masakin,dan dua istri Rasulullah yang belum pernah digauli olehnya.
1).Khadijah binti Khuwailid.Beliau menikahinya pada saat beliau berumur 25 tahun,sedangkan Khadijah berumur 40 tahun.Ia adalah wanita pertama yang di nikahi oleh beliau,dan beliau tidak pernah memadunya.
2) Saudah binti Zam'ah,dinikahi Rasulullah pada bulan Syawwal tahun 10 dari kenabian,beberapa hari setelah meninggalnya Khadijah.Sebelumnya ia dinikahi oleh anak pamannya bernama Sakran bin Amr yang meninggal sewaktu masih bersamanya.

3) Aisyah binti Abu Bakar Ash-Shiddiq, dinikahi Rasulullah pada bulan Syawwal tahun 11 dari kenabian, setahun setelah beliau menikahi Saudah, yakni dua tahun lima bulan sebelum hijrah.

4) Hafshah binti Umar bin al-Khaththab,ia ditinggal mati suaminya,Khumais bin Hudzaifah as-Sahmi pada waktu antara (peperangan) Badar dan Uhud.Kemudian dinikahi Rasulullah pada tahun ke 3 hijriyah.

5) Zainab binti Khuzaimah (keturunan) dari bani Hilal bin Amir bin Sha'aha'ah.Ia dijuluki dengan Ummul Masakin, (ibunya orang-orang miskin) karena kemurahan dan rasa kasih sayangnya terhadap orang-orang miskin.Sebelumnya,ia dinikahi oleh Abdullah bin Jahsy yang mati syahid pada perang Uhud,kemudian Rasulullah menikahinya pada tahun ke-4 hijriyah,dua atau tiga bulan setelah pernikahan ini,ia meninggal dunia.

6) Ummu Salamah Hindun binti Abu Umayyah,yang sebelumnya dinikahi oleh Abu Salamah yang meninggal dunia pada bulan Jumadil Akhir,tahun 4 hijriyah.Kemudian Rasulullah menikahinya pada bulan Syawwal tahun itu juga


7) Zainab binti Jahsy bin Rayyab (keturunan) dari bani As'ad bin Khuzaimah.Ia adalah anak paman Rasulullah.Sebelumnya ia dinikahi oleh Zaid bin Haritsah,yang pernah menjadi anak angkat Rasulullah,setelah itu Zaid menceraikannya dan beliau menikahinya.

KEMUDIAN ALLAH MENURUNKAN FIRMAN-NYA YANG DITUJUKAN KEPADA RASULULLAH.

ALLAH berfirman:   
وَإِذْ تَقُولُ لِلَّذِي أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَأَنْعَمْتَ عَلَيْهِ أَمْسِكْ عَلَيْكَ زَوْجَكَ وَاتَّقِ اللَّهَ وَتُخْفِي فِي نَفْسِكَ مَا اللَّهُ مُبْدِيهِ وَتَخْشَى النَّاسَ وَاللَّهُ أَحَقُّ أَنْ تَخْشَاهُ ۖ فَلَمَّا قَضَىٰ زَيْدٌ مِنْهَا وَطَرًا زَوَّجْنَاكَهَا لِكَيْ لَا يَكُونَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ حَرَجٌ فِي أَزْوَاجِ أَدْعِيَائِهِمْ إِذَا قَضَوْا مِنْهُنَّ وَطَرًا ۚ وَكَانَ أَمْرُ اللَّهِ مَفْعُولًا

33.37. Dan (ingatlah), ketika kamu berkata kepada orang yang Allah telah melimpahkan nikmat kepadanya dan kamu (juga) telah memberi nikmat kepadanya: "Tahanlah terus isterimu dan bertakwalah kepada Allah", sedang kamu menyembunyikan di dalam hatimu apa yang Allah akan menyatakannya, dan kamu takut kepada manusia, sedang Allah-lah yang lebih berhak untuk kamu takuti.
Maka tatkala Zaid telah mengakhiri keperluan terhadap istrinya (menceraikannya), Kami kawinkan kamu dengan dia supaya tidak ada keberatan bagi orang mukmin untuk (mengawini) isteri-isteri anak-anak angkat mereka, apabila anak-anak angkat itu telah menyelesaikan keperluannya daripada isterinya.
Dan adalah ketetapan Allah itu pasti terjadi.

(QS.Al-Ahzab: 37)

Telah turun kepada Zainab beberapa ayat dalam surat al-Ahzab yang telah menjelaskan secara terperinci masalah anak angkat,permasalahan tersebut akan disebutkan nanti.Ia dinikahi Rasulullah pada bulan Dzulqa'dah tahun ke 5 hijriyah.

8) Juwairiyah binti al-Harits penghulu bani al-Mushthaliq dari (kabilah) Khuza'ah.Sebelumnya ia adalah tawanan yang berasal dari Bani Mushthaliq,ia dimiliki oleh Tsabit bin Qais bin Syammas.Kemudian Tsabit mengadakan mukatabah dengannya (perjanjian untuk memerdekakannya dengan tebusan).Kemudian Rasulullah yang memenuhi seluruh tebusan kemerdekaannya lalu menikahinya pada tahun keenam hijriyah.


9) Ummu Habibah Ramlah binti Abi Sufyan,yang sebelumnya dinikahi oleh Ubaidillah bin Jahsy dan bersamanya ia hijrah ke Habasyah, akan tetapi Ubaidillah murtad karena masuk agama Nasrani dan mati disana.Adapun Ummu Habibah ia masih tetap dalam agamanya dan hijrahnya,
Ketika Rasulullah mengutus Amr bin Umayyah adh-Dhamri untuk mengirim suratnya kepada raja an-Najasyi pada bulan Muharram tahun ke 7 hijriyah,beliau melamarnya kepada an-Najasyi dan selanjutnya an-Najasyi menikahkannya dengan beliau,kemudian mengutus Syurahbil bin Hasanah untuk membawanya kepada Rasulullah.

10) Shafiyah binti Huyay bin Akhthab adalah dari keturunan Bani Israil,sebelumnya ia menjadi tawanan dalam perang Khaibar,Rasulullah memilihnya untuk dirinya,kemudian beliau memerdekakannya dan menikahinya setelah penaklukan Khaibar tahun ke 7 hijriyah.

11) Maimunah binti al-Harits,saudara perempuan Ummu al-Fadhl Lubabah binti al-Harits,ia dinikahi Rasulullah pada bulan Dzulqa'dah tahun ketujuh hijriyah,pada saat menunaikan qadha' umrah,setelah tahallul sesuai dengan pendapat yang Shahih.

Sebelas wanita yang mulia tersebut adalah wanita-wanita yang telah dinikaihi oleh Rasulullah dan telah dicampurinya.Dua diantaranya,yaitu Khadijah dan Zainab Ummul Masakin meninggal dunia sewaktu Rasulullah masih hidup,dan sembilan yang lainnya ditinggal mati oleh beliau.
Adapun dua istri yang belum dicampurinya, yang satu berasal dari bani Kilab dan satunya lagi berasal dari Kindah yang dikenal dengan Jauniyah,dalam hal ini terdapat perbedaan pendapat yang tidak perlu disebutkan.



0 Response to "KISAH UMMAHATUL MUKMININ(ISTERI BAGINDA ROSULULLAH.SAW)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel